Selasa, 16 Maret 2010

PERKEMBANGAN ANAK

PERKEMBANGAN SOSIAL
1.manuasi ( peserta didik ) sebagai makhluk indifidu :prilakunya untuk diri sendiri,dan makhluk sososial: mencari kawan ,bergaul, berkorban dsb.
2. perkembanagan sosoial berproses: dari yang sempit ke yang luas

KELUARGA → TETANGGA → MASYARAKAT

3.Sikap sosial remaja terjadi pada keluarga
Lingkungan keluarga terdiri dari : ayah,ibu dan anak( keluarga inti ) di tamabah kakek,nenek,tante dsb 9 keluarga besar)
Keluara merupakan peletak dasar dan pemeber warna sehingga akan berpengaruh terhadap proses sosialisasi anak
POLA ASUH ANAK yaitu cara mengasuh, mendididk, dan memebentuk kepribadian untuk mencapai kebahagian,
3 MACAM POLA ASUH ANAK:
1.POLA ASUH OTORITER
PRILAKU ORANG TUA: mengawasi kegiatan anak berlebihan,kontak berlebihan dengan anak, aktif memecahkan masalah anak,mendominasi anak, mudah memeberikan hukuman, menanamkan disiplin dengan keras,
PROFIL ANAK /PRODUK : KURANG PERCAYA DIRI : mudah gugup,sulit bergaul,egois,suka bertengkar,agresif & dengki, kurang mamapu mengendalikan emosi,melarikandiri dari kenyataan, pemalu,penurut,mudah bingung,impulsive, mencari perhatian,tidak dapat mengambil keputusan.
2.POLA ASUH PERMISIF
PRILAKU ORANG TUA:masa bodoh,kaku,kurang memperhatikan kesejahteraan anak,memberikan permintaan anak tanpa tahu kegunaanya, memebiarkan anak berprilaku semaunya.
PROFIL ANAK /PRODUK:TERLALAU PERCAYA DIRI: agresif,mudah marah, gelisah,tidak patuh,keras kepala,nakal,sulit bergaul,pendiam,sadis,tledor,tidak bertanggung jawab.
3.POLA ASUH DEMOKRATIS
PRILAKU ORANG TUA: memeberi kebebasan kepada anak untuk berpikir & bersaudara,memebuat anak merasa diterima & merasa kuat, toleran,memahami kelemahan anak,memeberi perhatian dan cinta kasih yang tulus,menempatkan anak pada posisi yang penting,hubungna dengan anak hangat,respek,mendebngarkan masalah anak,memeberikan dorongan dan komunikasi yang terbuka .
PROFIL ANAK /PRODUK : PERCAYA DIRI : pandai mencari jalan keluarmasalah, bersahabat,loyal,emosi stabil,ceria,optimis,mau menerima tanggung jawab,jujur, dapat dipercaya, punya rencana masa depan, realistis: memahami kekuatan dan kelemahan dirinya secara obyektif.
POLA ASUH MANAKAH YANG TERBAIK ?????????????



1.SIKAP SOSIAL ANAK/REMAJA/PESERTA DIDIDK TERHADAP KELUARGA
a.terhadap Orang Tua
1). Samapai 12 tahun menerima pengaruh tanpa komentar,selalau menurut , mengikuti norma keluarga
2). Setelah 12 tahun/remajaawal, “mulai KELUAR” belajar untuk kehidupan bermasyarakat, melakaukan seleksi dan perbandingan antara pengaruh orang tuan adan yang ada di luara atas kesadaran yang amsih sederhana mulai melakukan penolakan terhadp nasehat,pengarahan,adat istiadat,yang diterima dari orang tua sebaba di anggap mualai tidak menyenangkan TERJADI KONFLIK DENGAN ORANG TUA
b. Terhadap soudara
terjadi perubahan terhadap adik,selalau kasar,acuh tak acuh,suka marah ,adik di jadikan alat untuk memenuhi kebutuhanya,dengan kaka perempuan cenderung tidak takut.
2.SIKAP SOSIAL ANAK/REMAJA/PESERTA DIDIK TERHADAP SEKOLAH
Sekolah merupakan lingkungan kedua setelah keluarga dan merupakan institusi formal yang memeiliki aturan-aturan ketat sering menimbulkan salah ssuasi,sehingga perlu kesiapan.
a.sikap terhadap guru :tugas guru adalah mendidik dan mengajar yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan tertentu.penedekatan tersebut merupakan rangsangan terhadap peserta dididk.sikap peserta dididk terhadap guru tergantung rangsang yang di terimanay. Apabila gurunya kasar, galak,keras, lembut,penuh cinta dsb,maka peserta didik akan merespon rangsang tersebut dengan seimbang
b. sikap terhadap pelajaran : akibat dari masa perkembanagan yang unik, maka sering muncul sikap yang negatifpeeserta didik terhadap pelajaran,seperti ;MENGANTUK,BERMAIN SENDIRI ATAU DENGAN TEMANYA,TIDAK ACUH, MENOLAK TUGAS ATAU PERINTAH GURU, MENIRUKAN UCAPAN GURU, MENINGGALAKAN PELAJARAN DSB.
c.Terhadap kawan:terjadi penglompokan
1).Close friends/teman dekat: terdir dari 2-3 teman, ada kesamaan,jenis kelaminya sama,minat sama,kemauan sama,saling memepengaruhi.
2). Klik/kelompok kecil: terdiri dari teman-teman deka,ada kesamaan/kecocokan,pemimpinya adalah pilihan yang paling dominan,solidaritas kuat,bubar ata tidak ada pimpinan
3.crowds/kelompok besar:terdiri dari beberapa kelompok kecil dan teman dekat, penyesuaian miant mulai berkurang,terdapat jarak sosial.
4.Kelompok yang terorganisir,seperti OSIS: teratur dan bertanggung jawab. Tidak semua pesert dididk berminat pada organisasai ini karena merasa terikat dengan peraturan.
tidak semua peserta didik/orang bisa berkelompok perlu di cermati sebaba di mungkinkan mengalami sososial
terdapat kelompok yang minat utamanya adalah untuk menghadpai penolakan,prilakunya anati sosial,kelompok ini disebut GANGS ;cenderung negatif dan mencitrakan kelompok sebagai yang menakutkan.
3).SIKAP ANAK/PESERTA DIDIDK DI MASYARAKAT
Diawali dengan kebingungan dalam menghadapi situasi di mayarakatyang berbeda/bertentangan dengan dirinya, remaja melakukan mayrakat secara berkelompok/tidak berani sendirian. BANTUAN ORANG TUA SANGAT BERARTI DALAM SITUASI SEPERTI INI.
PRILAKU NEGATIF ANAK/REMAJA/PESERTA DIDIK DI MASYARAKAT:
a.adanya dorongan untuk suka berkelahi
b.adanay dorongan berkelahi
c.adanya dorongan mengambil milik orang lain untuk kesenangan.
d.pelanggaran seksualdari yang teringan sapai yang terberat.
4).MINAT SOSIAL ANAK/REMAJA/PESERTA DIDIK
Pesta,minum-minum,percakapan,obat-obat terlarang,menolong orang lain,senang terhadap peristiwa-peristiwa dunia,mengeritik.
5).MINAT REKREASI ANAK/REMAJA/PESERTA DIDIK
Olah raga ,santai,pergi-pergi,memebaca,nonton,televisi,radio, kaset dan melamun.

MARI KITA MEMAHAMI PERKEMBANGAN SOSIAL DI LINGKUNGAN SEKITAR KIATA UNTUK DAPA MELAYANI SECARA “OPTIMAL” INSALLAH, AMIN...........!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar